UTF-8 Perbedaan Ilmu Kelautan, Teknik Kelautan dan Oseanografi - Oceanpulse

Perbedaan Ilmu Kelautan, Teknik Kelautan dan Oseanografi

252610class="no-img no-title post-252610 post type-post status-publish format-standard hentry category-kuliah category-ocean-education category-pengetahuan-umum category-rekomendasi category-umum tag-ilmu-kelautan tag-jurusan-kuliah tag-oseanografi tag-teknik-kelautan"
Praktik Kerja Lapangan di Taman Nasional Taka Bonerate
June 28, 2021
Status Padang Lamun Tapanuli Tengah,Sumatera Utara
June 29, 2021

Hai Optijen, siapa disini yang masih belum mengetahui perbedaan dari ketiga jurusan yang disebutkan dalam judul? Kebanyakan dari kita biasanya sering salah mengira bahwa jurusan Ilmu Kelautan, Teknik Kelautan dan Oseanografi adalah satu jurusan yang sama. Sejak mencuatnya tagar  #IndonesiaPorosMaritimDunia, jurusan perkuliahan yang mendalami bidang ilmu mengenai laut dan fenomenanya memang menjadi cukup ramai diminati oleh calon mahasiswa baru. Tetapi yang menjadi pertanyaannya, “Apakah kamu sudah mengetahui perbedaan dari ketiga jurusan yang sekilas terlihat sama namun kenyataannya berbeda ini?”

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di salah satu jurusan tersebut maka artikel ini dibuat khusus untukmu. Disini kita akan mengulas secara rinci perbedaan setiap jurusan tersebut mulai dari definisi, bidang kajian ilmu hingga daftar perguruan tinggi yang menyediakan masing-masing jurusan. Penasaran kan? Yuk tanpa berlama-lama, check it out~

Ilmu Kelautan

Gambar 1. Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, sumber : https://www.instagram.com/unpadilmukelautan/?hl=id

 

Sesuai dengan namanya, di jurusan Ilmu Kelautan kamu akan mempelajari segala macam hal yang berkaitan dengan laut yang secara umum terbagi menjadi 3 topik yaitu hidro-oseanografi, konservasi dan bioteknologi. Jika kamu berkuliah di jurusan ini maka kamu akan memiliki pengetahuan tentang ekosistem di sekitar pesisir dan pantai hingga laut lepas. Selain itu fenomena-fenomena laut yang terjadi di permukaan seperti gelombang, pasang surut dan up welling hingga fenomena yang terjadi jauh di kedalaman laut seperti arus sabuk dunia, juga akan kamu lahap di pertengahan masa perkuliahan. Dunia bawah laut yang meliputi ekosistem lamun, terumbu karang hingga biota-biota yang hidup di kedua ekosistem itu pun akan dipelajari lewat mata kuliah biologi, ekologi dan konservasi laut. Teruntuk kamu yang sangat suka dan tertarik dengan dunia bioteknologi ataupun farmasi, mata kuliah biomolekuler dan farmakologi laut tentunya menantimu di semester akhir perkuliahan. Disini kamu akan belajar struktur DNA dari makhluk hidup, melalui itu kamu dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam bahan hayati laut yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai obat ataupun kosmetik. Wah, menarik sekali bukan?

Teknik Kelautan

    Gambar 2. Mahasiswa Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin, sumber : https://teknikkelautan.unhas.ac.id/

Secara sederhana jurusan Teknik Kelautan ini adalah saudara kembarnya jurusan Teknik Sipil. Apabila Teknik Sipil mempelajari dasar pembangunan di darat, maka Teknik Kelautan berfokus pada ilmu teknikal mengenai dasar-dasar pembangunan di pantai maupun lepas pantai. Di jurusan ini kamu akan mengetahui bagaimana sebuah bangunan dapat berdiri kokoh di tengah laut. Untuk dapat mengkonsep dan menciptakan bangunan tersebut, tentunya selama berkuliah maka kamu akan dibekali ilmu pendukung seperti hidrodinamika laut, akustik laut dan penyebaran polutan. Disamping itu, kamu juga akan menganalisa contoh-contoh bangunan pantai, lepas pantai dan pelindung pantai. Setelah memahami dasar keilmuannya, maka di tingkat akhir kamu akan mempelajari software pendukung untuk mengolah data-data laut yang telah diperoleh. Hasilnya, seorang mahasiswa Teknik Kelautan harus mampu mendesain struktur bangunan yang paling cocok dan aman untuk dibangun diatas laut. Bagaimana, apakah kamu tertantang untuk berkuliah di jurusan keren yang satu ini?

Oseanografi

                                                                       Gambar 3. Mahasiswa Oseanografi Institut Teknologi Bandung,                                                                                                                           Sumber : https://hmotritonitb.wordpress.com/sejarah-hmo-triton-itb/

 

Jurusan ini mempelajari keilmuan yang sedikit mirip dengan Ilmu Kelautan, hanya saja pada jurusan Oseanografi kegiatan eksplorasi akan lebih ditekankan. Jika di Ilmu Kelautan kamu belajar juga mengenai konservasi dan bioteknologi lautnya dengan porsi yang sama dengan mata kuliah hidro-oseanografi, maka dalam jurusan Oseanografi kamu tidak akan terlalu memperdalam mengenai konservasi dan bioteknologi laut. Disini kamu benar-benar hanya perlu fokus pada beberapa bidang yang terkait dengan kajian hidro-oseanografi mulai dari oseanografi fisika, oseanografi kimia, oseanografi biologi hingga oseanografi geologi dan oseanografi meteorologi. Beberapa contoh pelajaran yang terkait dengan bidang tersebut yaitu reaksi kimia yang terjadi di laut, unsur-unsur mineral di dalam laut, cekungan di bawah laut serta interaksi antara laut dan atmosfer. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia riset dan eksplorasi karena kamu akan berkesempatan meneliti sebuah wilayah yang masih sangat luas cakupannya untuk dijelajahi yaitu samudera! Hayo, siapa nih yang berminat melanjutkan pendidikannya kesini?

Nah itu dia Optijen perbedaan ketiga jurusan yang sama-sama dalam ranah kelautan ini. Setelah membaca informasinya, ketahuan sekali ya bahwa ketiga jurusan ini benar-benar memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing dalam mempelajari lautnya. Yang perlu kamu garis bawahi ialah ketiga jurusan ini berfokus pada laut yang dimana setiap mahasiswanya akan mempelajari salah satu soft skill yang paling penting yakni menyelam atau diving. Kamu akan belajar bagaimana berkeliling di bawah laut dengan bantuan alat dasar selam dan tabung oksigen. Hal ini hanya berbeda pada fungsinya dimana mahasiswa Ilmu Kelautan dan Oseanografi akan meneliti tentang kajian ilmu alamnya sedangkan mahasiswa Teknik Kelautan akan fokus pada struktur bangunan di bawah lautnya. Sudah paham ya sekarang? Berikut ini adalah beberapa universitas di Indonesia yang telah menyediakan jurusan Ilmu Kelautan, Teknik Kelautan dan Oseanografi di kampusnya. Yuk kita lihat.

Beberapa Universitas yang Menyediakan Jurusan Ilmu Kelautan, Teknik Kelautan dan Oseanografi

  1. Ilmu Kelautan

  • Universitas Riau
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Jendral Soedirman
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Trunojoyo
  • Universitas Udayana
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Universitas Pattimura

 

  1. Teknik Kelautan

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Hasanuddin

 

  1. Oseanografi

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Diponegoro

 

Ternyata cukup banyak juga ya Optijen, kampus-kampus dalam negeri yang telah menyediakan ketiga jurusan ini? Sekarang giliran kamu memilih, jurusan apa sih yang cocok untuk karakteristik dan minatmu? Apakah kamu sudah menentukannya?

Penulis : Rizky Ghena Oktafira

Referensi

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-kelautan (13/06/2021)

https://rencanamu.id/post/jurusan-dan-perkuliahan/serba-serbi-jurusan-oseanografiuntuk-kamu-yang-ingin-kenalan-lebih-jauh-dengan-laut-dan-seisinya (13/06/2021)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close view photo modal